9 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi pada TOEFL (Bagian 2)

6. Pelajari bagaimana menulis Esai dalam Bahasa Inggris

Bagian terakhir dari tes TOEFL adalah bagian menulis. Ada dua tugas menulis. Tugas terakhir, dan hal terakhir yang dapat Anda akan lakukan pada TOEFL, adalah mengetikkan sebuah esai 300 kata dalam waktu 30 menit.

Berlatihlah menulis esai ini sebanyak mungkin!

  • Pelajari bentuk tradisional esai dalam bahasa Inggris
  • Ketika Anda mulai berlatih esai, jangan khawatir mengenai waktu yang dihabiskan. Mulailah dengan menghabiskan waktu selama diperlukan untuk menulis esai yang baik.
  • Setelah Anda mampu menulis esai yang baik, mulai menghitung waktu Anda dan berusahalah untuk semakin cepat, sampai menulis esai 300 lebih dari kata dalam waktu 30 menit bukan lah hal yang mengkhawatirkan untuk Anda!

Penulisan Amerika Utara cenderung mengikuti bentuk yang sama:

  • Pendahuluan – ini bagian untuk memperkenalkan esai Anda, dan memberitahu pembaca mengenai pendapat Anda dan apa yang Anda akan bicarakan dalam esai Anda
  • Body – 2-3 paragraf yang mendukung pendapat Anda
  • Satu paragraf berisi satu ide pemikiran, kalimat pertama paragraf menjelaskan paragraph tersebut mengenai apa, dan sisa paragraf digunakan untuk menjelaskan, berikan contoh-contoh spesifik untuk menggambarkan pendapat Anda
  • Kesimpulan – paragraf yang merangkum esai Anda

Memahami gaya tradisional bahasa Inggris dalam menulis esai akan membantu Anda di hampir setiap bagian dari TOEFL. Jika Anda tahu bahwa satu paragraf berisi satu ide pemikiran, Anda dapat memahami struktur bagian-bagian bacaan dengan lebih baik. Anda juga akan perlu untuk menyatakan pendapat dan mendukung pendapat Anda dengan jelas, contoh yang spesifik di bagian berbicara.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

  • Menjawab pertanyaan yang diminta! Jangan mencoba untuk mengubah pertanyaan. Jika meminta Anda untuk membuat pilihan, buatlah pilihan yang jelas – jangan mencoba untuk berdebat pada kedua posisi. Tidak ada jawaban ‘benar’ atau ‘salah’. Esai Anda dinilai pada seberapa baik Anda menjawab pertanyaan.
  • Ketik outline Anda dalam ruang esai yang disediakan. Anda membuang-buang waktu jika Anda menulis dengan tangan dan kemudian mengetik itu.
  • Keep it simple dan tulis secara spesifik.

7. Berlatih, berlatih, dan berlatih

Ini adalah tip yang terbaik untuk mendapatkan nilai terbaik. Siswa selalu mencari trik atau rahasia mereka dapat belajar untuk membantu mereka melakukan lebih baik pada tes TOEFL. Setelah Anda mengetahui luar dalam TOEFL, satu-satunya hal yang dapat membantu Anda mendapatkan lebih baik adalah untuk terus berlatih itu!

8. Pelajari cara untuk santai saat ujian berlangsung

Banyak orang menemukan tes ini cukup menegangkan. TOEFL bukanlah tes yang mudah. Hal ini penting untuk tetap tenang dan santai selama pengujian.

Sebelum ujian:

  • Jika memungkinkan, kunjungi tempat ujian sebelumnya. Pastikan Anda tahu di mana dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan ke sana. Hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah tersesat atau terjebak dalam kemacetan lalu lintas di jalan sebelum ujian!
  • Jangan mencoba untuk cram sehari sebelum ujian. Cukup bersantai dan istirahat.
  • Tidurlah yang cukup malam sebelum ujian.

Hari tes:

  • Isu perut Anda sebelum ujian!
  • Sebelum Anda meninggalkan rumah Anda dan di jalan untuk tes, pastikan Anda melakukan pemanasan dengan otak Anda! Bacalah sesuatu dalam bahasa Inggris selama 30 menit (sesuatu yang telah Anda baca sebelumnya – tidak perlu sebelum ujian) dan dengarkan sesuatu dengan Inggris. Pastikan otak Anda berpikir dalam bahasa Inggris sebelum Anda memulai ujian!

Selama ujian:

  • Ambil napas dalam-dalam selama ujian. Pastikan Anda bernapas normal.
  • Ada waktu sekitar 10 menit istirahat antara bagian mendengarkan dan berbicara. Gunakan waktu ini untuk menggunakan kamar mandi jika diperlukan, makan snack, dan melakukan beberapa peregangan untuk meredakan ketegangan di punggung dan bahu!
  • Jika Anda melewatkan pertanyaan atau Anda merasa seperti tidak melakukannya dengan baik di bagian tertentu. Jangan dipikirkan. Pergi ke bagian tes berikutnya seperti suatu tes baru. Di sinilah dipersiapkan untuk membantu tes. Misalnya, jika Anda tahu berapa banyak pertanyaan yang harus Anda jawab dengan benar untuk mendapatkan skor yang diperlukan Anda di bagian membaca, maka tidak menjawab satu pertanyaan tidak masalah.

Ingat, Anda selalu dapat mengambil tes lagi!

 

9. Ikuti tes setidaknya dua kali, atau mungkin lebih

Tidak ada yang akan pernah tahu nilai TOEFL Anda kecuali Anda memberitahu mereka. Tidak ada yang akan tahu jika Anda telah mengambil tes sekali atau mungkin 10 kali. Jangan khawatir jika Anda mendapatkan skor rendah untuk pertama kalinya – tak seorang pun akan tahu, kecuali Anda! Anda dapat terus mengambil tes sebanyak mungkin yang Anda butuhkan.

Siswa jarang mendapatkan nilai yang mereka butuhkan pada percobaan pertama. Mengambil TOEFL dapat menjadi cukup mengagetkan pertama kali untuk Anda mencobanya:

  • Tes berjalan dengan sangat, sangat cepat!
  • Beberapa tempat ujian membiarkan banyak orang mengambil tes pada saat yang sama sehingga ada kemungkinan lebih bising dan banyak gangguan.
  • Seseorang mungkin telah memulai bagian berbicara sementara Anda masih mendengarkan. Anda mungkin akan mencoba untuk menulis sebuah esai sementara orang di sebelah Anda melakukan bagian berbicara.
  • Anda tidak mungkin mendapatkan perhatian pengawas untuk mendapatkan kertas lebih lanjut atau untuk mendapatkan bantuan dengan komputer Anda

 

by Melanie

http://www.englishteachermelanie.com/ten-tips-for-the-toefl-ibt/

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s