9 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi pada TOEFL (Bagian 1)

TOEFL merupakan salah satu tes yang paling sulit yang mungkin akan Anda ambil dalam hidup Anda. Berikut adalah daftar sepuluh tips yang akan membantu Anda mendapatkan nilai tertinggi pada tes  TOEFL iBT, dan memenuhi impian Anda belajar di universitas

1. Pastikan Anda Mengerti TOEFL

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang diproduksi oleh sebuah perusahaan Amerika bernama ETS. Ini adalah tes yang mengukur kemampuan membaca, mendengar, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris, dan kemampuan Anda untuk sukses di universitas.
Ini adalah struktur dari tes TOEFL:

Capture

Setiap bagian memiliki skor 30, untuk skor keseluruhan total 120.

2. Be prepared!

Anda harus mempersiapkan diri Anda 6 bulan – 1 tahun untuk sepenuhnya siap untuk pengujian, terutama jika Anda tidak pernah mengambil tes sebelumnya.

  • Anda harus tahu setiap pertanyaan membaca, pertanyaan mendengarkan, setiap tugas berbicara, dan setiap tugas menulis pada tes. Anda harus tahu persis apa yang harus Anda lakukan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan benar.
  • Anda juga harus mengetahui nilai yang tepat yang Anda butuhkan untuk mencapai setiap universitas yang ingin Anda masuki. (Beberapa sekolah hanya membutuhkan skor TOEFL keseluruhan, tetapi beberapa sekolah mewajibkan nilai tertentu dalam setiap bagian.) Anda harus tahu persis apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan nilai yang diperlukan.
  • Jangan mencoba untuk mempersiapkan tes sendirian. Setidaknya, Anda perlu buku teks.
  • Bahkan jika Anda menggunakan buku teks, itu benar-benar penting untuk bekerja sama dengan guru, baik dalam suatu kursus atau les privat. Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda dengan pengucapan Anda, dan untuk menilai bagaimana yang Anda lakukan di bagian berbicara dan menulis. Berbicaralah dengan teman-teman yang telah mengambil TOEFL. Tanya dengan siapa mereka belajar? Berapa skor yang mereka dapatkan? Apa hal-hal yang berbeda yang telah mereka lakukan? Periksa di sebuah universitas atau perguruan tinggi di dekat Anda. Apakah mereka menawarkan kursus TOEFL? Ada juga beberapa instruktur TOEFL online. Apakah Anda tahu siapa saja yang telah dipelajari oleh mereka?

3. Baca Segalanya. Dengarkan Segalanya.

Ketika Anda sedang mempersiapkan untuk TOEFL, Anda tidak cukup hanya mendengarkan dan membaca hal-hal yang Anda sukai. Anda perlu membaca secara luas untuk membangun kosa kata Anda. Di TOEFL Anda akan membaca ayat-ayat atau mendengarkan ceramah tentang segala sesuatu dari astronomi dan sejarah Amerika, bahkan psikologi dan biologi!

  • TOEFL telah bekerja sama dengan sebuah perusahaan bernama Lexile untuk membantu Anda menemukan buku-buku di tingkat bacaan Anda. Jika Anda telah mengambil tes latihan TOEFL atau TOEFL yang sebenarnya dan Anda tahu skor membaca, Anda dapat mengetikkan skor Anda dan Lexile akan menyarankan buku dalam topik pilihan Anda pada tingkat bacaan Anda.  http://www.lexile.com/toefl/
  • Tiga sumber daya yang tersedia di Internet adalah BBC News, NPR, dan VOANews. Banyak artikel di VOA dan situs NPR juga banyak memiliki Mp3 file, sehingga Anda juga dapat menggunakan artikel seperti mendengarkan ceramah.
  • Jika Anda baru saja mulai belajar untuk TOEFL dan Anda belum bisa membaca (atau mendengarkan) beberapa artikel di atas, itu OK! Masih banyak sumber daya yang tersedia bagi Anda:
    • ESLPod – Ini adalah salah satu podcast yang bagus yang berisikan dialog tentang berbagai topik. Dalam satu podcast ada dialog yang lambat, diskusi tentang kosakata, dan dialog yang cepat. Transkrip juga disediakan di website. http://www.eslpod.com/website/index_new.html
    • VOA Belajar Bahasa Inggris – Bagian dari website ini memiliki artikel yang mirip dengan bagian berita, tetapi mereka lebih mudah untuk membaca dan mendengarkan karena klip akan jauh lebih lambat. http://learningenglish.voanews.com/
    • Listen a Minute – Jika Anda masih berjuang dengan mendengarkan atau masalah kosa kata, website ini akan membantu Anda membangun keterampilan Anda. http://www.listenaminute.com/
  • Berikut adalah beberapa buku yang Anda mungkin menemukan berguna untuk membantu Anda membangun kosakata Anda dan meningkatkan keterampilan membaca Anda. Salah satunya adalah
    1. Oxford English Picture Dictionary – Ada banyak versi yang berbeda dari buku ini. Anda bisa mendapatkan versi Inggris saja (‘satu bahasa), atau Anda mungkin dapat menemukan’ bilingual ‘edisi (Inggris dan bahasa asli Anda). Buku ini disusun dengan baik dan memiliki gambaran besar untuk lebih dari 3000 kata!

4. Pelajari bagaimana membuat catatan yang baik

Ini merupakan keterampilan yang penting yang Anda akan perlukan untuk menghadapi bagian  mendengarkan, berbicara dan menulis pada tes – dan kemampuan yang akan Anda perlukan nanti di universitas.

Pada setiap bagian di mana mendengarkan diperlukan, Anda hanya dapat mendengarkan sekali klip! Anda tidak bisa kembali dan mendengarkan lagi dan lagi. Anda kemudian akan harus menjawab pertanyaan tentang apa yang Anda dengar (tes bagian mendengarkan), berbicara tentang apa yang Anda dengar (tes bagian berbicara), atau menulis esai berdasarkan pada apa yang Anda dengar (tes bagian menulis). Oleh karena itu Anda akan perlu untuk mengambil catatan yang baik! Orang yang mencatat dengan baik akan mendapatkan skor yang lebih tinggi pada TOEFL.

Ini adalah keterampilan yang membutuhkan banyak latihan

  • Jangan mencoba untuk menuliskan apa pun dan segala sesuatu yang Anda dengar. Jangan hanya menuliskan kata-kata yang Anda mengerti. Tuliskan informasi penting bahwa Anda akan perlu memahami ini nanti
  • Gunakan simbol dan singkatan. Semua mengembangkan sistem mereka sendiri untuk ini, tapi di sini ada beberapa saran: http://english-zone.com/study/symbols.html
  • Pada tips bahasa Inggris ke-3 tersedia sumber daya yang berada di NPR dan website VOA. Mereka adalah situs yang bagus yang dapat digunakan untuk berlatih mencatat juga. Bila Anda telah selesai mendengarkan, Anda dapat kembali dan membandingkan catatan tentang transkrip.
  • Jika NPR, VOA dan TED Talks terlalu lama bagi Anda, cobalah berlatih mencatat dengan klip pendek dari percakapan yang beberapa menit.

5. Pastikan Pelafalan Anda Jelas

Di TOEFL, bukan masalah untuk berbicara bahasa Inggris dengan aksen. Pengucapan Anda tidak harus sempurna, tetapi Anda perlu untuk berbicara dengan jelas dan dimengerti.

Bagian berbicara mengukur tiga hal:

  • Seberapa baik Anda menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas
  • Tata bahasa dan kosa kata yang Anda gunakan
  • Bagaimana Anda terdengar

Ini adalah salah satu bagian di mana sangat penting untuk bekerja dengan guru atau instruktur. Anda membutuhkan seseorang untuk memberitahu Anda apa yang Anda lakukan benar dan apa yang dapat Anda lakukan untuk lebih baik.

Ketika Anda berlatih tugas berbicara pada Anda sendiri, merekam sendiri (kebanyakan laptop dan komputer datang dengan perangkat lunak perekaman). Hal ini penting karena dua alasan:

  • Anda dapat mendengar diri Anda berbicara dan mengevaluasi respons Anda
  • Anda bisa mendapatkan digunakan untuk berbicara ke komputer! Jika Anda mempersiapkan ujian di ruang kelas atau dari buku, mungkin merasa sedikit aneh berbicara dengan komputer.

by Melanie

http://www.englishteachermelanie.com/ten-tips-for-the-toefl-ibt/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s